Kekurangan Menggunakan BPKB Motor Sebagai Jaminan Saat Peminjaman Uang

Saat melakukan proses pengajuan pinjaman uang secara online, Anda tentu akan ditanyakan seputar jaminan yang akan Anda berikan. Meski platform pinjaman uang online merupakan cara mudah mendapatkan uang di masa kini, Anda tetap diharuskan untuk memberikan jaminan.

Penggunaan jaminan bertujuan agar pihak kreditur merasa aman dan tidak dirugikan jika sewaktu-waktu debitur kesulitan untuk ditagih dalam membayar cicilannya.

Kekurangan Menggunakan BPKB Motor Sebagai Jaminan Saat Peminjaman Uang, bukusemu, pinjaman

Dalam praktiknya, ada berbagai macam benda yang dapat dijadikan sebagai jaminan. Salah satunya adalah BPKB atau Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor. BPKB sendiri terbagi berdasarkan jenis kendaraan tersebut salah satunya adalah BPKB Motor.

Namun, penggunaan BPKB motor sebagai jaminan sebenarnya memiliki kekurangan seperti berikut :

 

Nominal pinjaman yang tidak besar

Ketika Anda menggunakan BPKB motor sebagai jaminan saat melakukan pengajuan kredit, maka besar kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Karena, biasanya pinjaman uang yang akan diberikan tidak akan sebesar harga jual motor tersebut. 

Hal tersebut disebabkan adanya nilai penyusutan yang tentunya akan diperhitungkan oleh pihak kreditur sebelum meminjamkan dana kepada pihak debitur. Bahkan, bisa jadi BPKB motor yang berusaha Anda jaminkan akan seharga saat Anda melakukan gadai BPKB motor di berbagai lembaga keuangan yang menyediakan jasa gadai.

 

Proses yang rumit jika BPKB motor dibutuhkan sewaktu-waktu

Kekurangan lainnya dari penggunaan BPKB motor sebagai jaminan saat melakukan proses peminjaman uang adalah proses yang rumit jika sewaktu-waktu BPKB tersebut dibutuhkan. Di Indonesia, Motor merupakan salah satu alat transportasi favorit yang dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Penggunaan motor diminati karena kemudahan saat mengendarainya dan fleksibilitas waktu tempuh. Dengan kata lain, motor menjadi kendaraan sehari-hari mayoritas masyarakat di Indonesia hingga saat ini.

Ketika Anda menjadikan BPKB motor sebagai jaminan saat meminjam uang secara online, Anda akan kesulitan jika sewaktu-waktu BPKB tersebut dibutuhkan. Biasanya, BPKB akan dibutuhkan ketika STNK yang Anda miliki telah habis masa aktifnya dan akan diperpanjang.

Ketika hal tersebut terjadi, maka Anda harus meminjam kembali BPKB yang Anda jaminkan untuk mengurus proses perpanjangan STNK motor Anda. Proses peminjaman kembali tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan sebaiknya, pertimbangkan kembali jika Anda akan menggunakan BPKB motor sebagai agunan Anda saat meminjam uang secara online.

0 Response to "Kekurangan Menggunakan BPKB Motor Sebagai Jaminan Saat Peminjaman Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel