Simple First Step Bagi Para Calon Businessmen Dalam Membangun Jaringan Bisnis

Bisnis tidak hanya suatu pekerjaan atau hobby semata melainkan didalam dunia bisnis ada sebuah nilai estetika yang sangat indah yang hanya bisa dinikmati oleh mereka yang berjiwa entrepreneur.

Menjadi seorang businessman yang sukses dengan jaringan bisnis yang luas adalah kebanggaan tersendiri setiap orang. Apalagi kesuksesan dalam berbisnis diraih semasa muda yang dapat menimbulkan rasa bangga yang teramat pada diri sendiri.

Namun banyak calon pengusahaan muda yang merasa dilema dengan langkah pertama yang harus ditapaki untuk memulai usahanya. Padahal peluang didepan mata sangatlah lebar dan luas.

Rasa takut dan cemas akan usaha yang ingin digeluti akan sukses kedepannya atau sebaliknya. Rasa takut dan khawatir tersebut yang menghambat seorang calon usahawan dalam memulai usahanya.

Hal utama yang sangat pokok dan utama yang harus diperhatikan bagi calon wirausaha adalah jaringan bisnis. Di dalam blog Ascentosrs.com ini ditanyakan, mengapa relasi dalam berbisnis itu penting? Karena tentu saja suatu bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya komunikasi timbal-balik yang dihasilkan apabila Anda memiliki Good Relationship.

Untuk membangun usaha, Anda tentunya membutuhkan orang lain didalamnya. Orang-orang tersebut tidak akan Anda dapatkan tanpa membangun Good Relationship diantara kedua pihak.

Simple First Steep Bagi Para Calon Businessmen Dalam Membangun Jaringan Bisnis

Hal-Hal Penting Bagi Seorang Businessman dalam Mengawali Kesuksesan Berbisnis

#1 Mentalitas seorang pebisnis

Mengapa mentalitas dijadikan sebagai point utama? Tentu saja menjadi seorang Businessmen dalam membangun sebuah bisnis sangat tidak mungkin apabila kekuatan mental tidak dilatih dan disiapkan terlebih dahulu.

Mengingat dunia bisnis penuh dengan kejutan dan tantangan, akan sangat tidak masuk akal jika mental seorang wirausaha sangat lemah. Persiapan mental yang salah inilah yang menyebabkan banyak para pelaku bisnis mengalami stress dan tertekan. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan jaringan bisnis yang luas juga tentunya anda sudah harus terlatih mental nya.

Melatih mental bisa dimulai dari membangun jiwa positif dan raga yang optimal. Mulailah berfikiran positif setiap harinya. Usahakan membuang setiap sikap pesimis Anda. Sikap pesimis Anda justru melemahkan niat yang susah payah Anda bangun. Optimis bahwa segala sesuatu yang diusahakan pasti tidak akan menghianati hasil dan yang terakhir tetap menjaga kebugaran jasmani Anda.

#2 Memanfaatkan sosial media untuk berbisnis

Jika Anda memiliki beberapa sosial media, Anda tentu saja tidak akan sulit menemukan bahkan mengenal beberapa orang yang mungkin saja bisa menjadi rekan bisnis Anda. Tidak sulit menemukan teman dalam sosial media. Anda hanya perlu mulai menyapa sebanyak mungkin orang yang Anda kenal dan memulai sebuah obrolan.

Terpenting adalah jangan langsung mengutarakan maksud jika Anda ingin menawarkan sesuatu atau mengajaknya berbisnis. Fahami dulu setiap karakter dan kebutuhan mereka.

Bagi Anda yang merasa sulit bersosial di dunia nyata, cobalah memulai dari dunia maya. Studi kasus membuktikan orang-orang lebih merasa percaya diri dan leluasa di dunia maya di bandingkan dunia nyata.

Maka dari itu, Anda bisa mulai perlahan membangun relasi dengan beberapa teman terutama teman jauh Anda melalui sosial media tanpa merasa khawatir akan diabaikan dan rasa kurang percaya diri. Tapi ingat ! jangan sampai melupakan dunia nyata Anda.


#3 Lihatlah disekelilngmu masih ada masyarakat sosial, tidak melulu tentang media sosial

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu jangan pernah lupakan masyarakat disekelilingmu. Mungkin bagi beberapa orang, berkomunikasi melalui media sosial jauh lebih asyik dan menyenangkan daripada berkomunikasi dengan masyarakat sosial dilingkungan secara langsung.

Harus Anda ketahui bahwa sosial media penuh dengan rekayasa dan tidak seoriginal masyarakat sosial. Disekelilingmu masih banyak orang-orang yang berpeluang untuk Anda jadikan rekan bisnis.

Cobalah berbaur dengan tetanggamu, amati sekelilingmu, fahami kebutuhan mereka dan raih kepercayaan mereka. Bila mereka sudah merasa nyaman dengan Anda, tidak menutup kemungkinan bahwa jaringan bisnis Anda akan lebih luas lagi atau bisa saja justru beberapa diantara tetanggamu adalah seorang wirausaha atau memiliki pengalaman dibidang bisnis. Tidak menutup kemungkinan Anda bisa membangun jaringan bisnis dengan mereka.

#4 Ingatlah Anda masih punya keluarga dan sahabat

Orang-orang dekat selayaknya keluarga dan sahabat Anda juga merupakan objek yang dapat Anda manfaatkan. Utarakan maksud dan tujuan Anda berbisnis dengan keluarga dan sahabat.

Mereka tentu saja juga memiliki rekan-rekan lain yang akan dikenalkan dengan Anda. Anda pun dapat mulai membangun sebuag Good Relationship dengan sahabat dari sahabat Anda, teman dari teman Teman Anda, dan Rekan dari Rekan Anda kemudian begitu seterusnya.

Relasi demi relasi yang terjalin inilah yang akan menguatkan dan meluaskan jaringan bisnis Anda. Apalagi jika Anda juga supel dan cepat bergaul. Tentu saja rekan dari rekan Anda juga akan tertarik dan merekomendasikan Anda ke teman-teman lainnya. Tentunya Anda juga harus melakukan hal yang sama yaitu saling mengenalkan satu sama lain agar keakraban yang terjalin semakin erat.

0 Response to "Simple First Step Bagi Para Calon Businessmen Dalam Membangun Jaringan Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel